Internet

Internet, hampir semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Pengertian internet itu sendiri mungkin juga sudah dapat Anda rumuskan sendiri secara sekilas.

Sudah bukan trik dan rahasia lagi untuk mencari berbagai solusi dan jawaban di internet.

Ketika Anda mencari berbagai resep makanan, mencari berbagai berita terbaru, bahkan memesan suatu barang tertentu, dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan teknologi ini.

Tidak jarang pula, teknologi canggih yang satu ini dapat memisahkan kita dari orang-orang sekitar kita.

Misalnya saja yang terjadi di restoran, pelanggan yang makan di restoran akan cenderung menanyakan password WiFi sebelum mereka memesan suatu makanan.

Setelah selesai  makan, satu keluarga yang tadinya makan semeja akan di-sibuk-kan dengan perangkat mobile-nya masing-masing untuk mengakses internet.

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang dapat menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik yang lainnya.

Standar teknologi pendukung yang dapat dipakai secara global yaitu Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite atau TCP/IP.

TCP/IP ini adalah protokol pertukaran paket atau dalam istilah asing-nya disebut sebagai Switching Communication Protocol yang dapat digunakan untuk milyar-an lebih pengguna yang ada di berbagai belahan dunia.

Sementara itu, istilah “internet working” berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan berbagai rangkaian interconnection-networking beserta penerapan aturannya yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami tentang pengertian internet, berikut ini merupakan beberapa pendapat yang disampaikan oleh para ahli.

1. Onno Purbo

Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dapat dipakai untuk mengefesiensikan suatu proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, dan E-mail.

2. Oetomo

Menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang bisa didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang begitu besar.

Dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

3. Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan berbagai jaringan di berbagai belahan dunia yang mempunyai sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda.

Dimana hubungan tersebut akan memanfaatkan kemajuan suatu perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit.

Perangkat tersebut memakai protokol standar dalam melakukan suatu hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

4. Harjono

Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di berbagai belahan dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.

Supaya komputer dapat saling terkoneksi satu dengan yang lainnya, maka diperlukan media untuk saling dapat menghubungkan antar komputer tersebut.

Media penghubung yang digunakan tersebut dapat menggunakan suatu kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

5. Turban, King, Lee, dan Liang

Menurut Turban, King, Lee, dan Liang (2010:49), internet adalah suatu jaringan perusahaan/pemerintah yang menggunakan tools yang ada di dalam interconnection-networking, seperti web browser dan internet protocol.

Jaringan internet ini akan digunakan oleh perusahaan sebagai media untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.

6. Miftakul Amin

Menurut M. Miftakul Amin (2012:181), internet merupakan local area network (LAN) yang menggunakan suatu standar komunikasi dan segala fasilitas interconnection-networking, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

7. O’Brien dan Marakas

Menurut O’Brien dan Marakas (2011:229), internet adalah suatu jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet (seperti web browser dan server, TCP / IP protokol jaringan, penerbitan dokumen HTML hypermedia, database, dan lainnya).

Hal tersebut untuk menyediakan suatu lingkungan internet dalam perusahaan untuk berbagi macam informasi, komunikasi, kolaborasi, dan dukungan dari suatu proses bisnis.

 

Sejarah Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan yang berasal dari Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis suatu sistem jaringan yang diberi nama ARPANET.

ARPANET ini merupakan asal mulanya sebelum terbentuk teknologi yang bernama internet.

Pada tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan tertentu saja dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas populer yang ada di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP ini sendiri mulai dipublikasikan kepada publik di tahun 1982.

Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelah dipublikasikannya internet pada tahun 1980-an, tepatnya di tahun 1984.

Kemudian, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986.

NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset yang terkait di Amerika Serikat.

Beberapa jaringan internasional yang terdapat pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan melalui NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Akan tetapi memang internet hasil dari pengembangan-nya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus sampai sekarang ini.

Dahulu, informasi yang bisa dimiliki melalui internet hanya informasi yang berbasis teks.

Dan pada tahun 1990-an, layanan sejenis dengan basis tampilan grafis yang biasa dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Pada tahun 1993, InterNIC pun didirikan supaya dapat melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet sudah masuk ke negara kita, Indonesia.

 

Tabel Sejarah Singkat Internet

Untuk lebih detail nya, sejarah internet dapat dijelaskan pada tabel sejarah berikut ini.

Tahun 1960 – 1981

Tahun Perkembangan
1960

Computer scientists research techniques to connect systems on a shared network.

Ilmuwan komputer meneliti teknik untuk menghubungkan sistem pada jaringan bersama.

1969

ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) connects UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, and Stanford Research Institute.

ARPANET (Badan Proyek Penelitian Lanjutan DoD) menghubungkan UCLA, Universitas California di Santa Barbara, Universitas Utah, dan Stanford Research Institute.

1975

Management of the Internet is transferred to the U.S. Defense Communications Agency.

Manajemen Internet ditransfer ke Badan Komunikasi Pertahanan A.S.

1979

USENET begins offering its worldwide broadcast conferencing system of newsgroups.

USENET mulai menawarkan sistem konferensi siaran di seluruh dunia dari newsgroup.

1981

BITNET (Because It’s Time Network) begins offering e-mail and list servers for information distribution. CSNET (Computer Science Network) offers dial-up service for e-mail. People can now access the Internet using desktop computers.

BITNET (Because It’s Time Network) mulai menawarkan server email dan daftar untuk distribusi informasi. CSNET (Computer Science Network) menawarkan layanan dial-up untuk email. Orang-orang sekarang dapat mengakses Internet menggunakan desktop komputer.

Tahun 1982 – 1987

Tahun Perkembangan
1982

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) becomes the standard for network communications on ARPANET.

TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.

1983

MILNET and DDN (Defense Data Network) split off from ARPANET.

MILNET dan DDN (Defense Data Network) memisahkan diri dari ARPANET.

1984

The Domain Name Server (DNS) system is introduced.

Sistem Domain Name Server (DNS) diperkenalkan.

1986

The Cleveland FreeNet starts operation.

Cleveland FreeNet mulai beroperasi.

1987

The National Science Foundation (NSF) signs a $14 million, five-year agreement with IBM, MCI, and the Michigan Educational Research Information Triad to manage the network.

National Science Foundation (NSF) menandatangani $ 5 juta, perjanjian lima tahun dengan IBM, MCI, dan Triad Informasi Penelitian Pendidikan Michigan untuk mengelola jaringan.

Tahun 1988 – 1995

Tahun Perkembangan
1988

Robert Morris, Jr. releases a “worm” into the Internet. Many computers grind to a halt.

Robert Morris, Jr. merilis “worm” ke Internet. Banyak komputer terhenti.

1990

CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) develops the World Wide Web.

CERN (Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Swiss) mengembangkan World Wide Web.

1991

NSF lifts the restrictions against commercial use of the Internet. DoDDS starts using CC:Mail.

NSF mencabut pembatasan terhadap penggunaan komersial Internet. DoDDS mulai menggunakan CC: Mail.

1992

Congress establishes the National Research and Education Network (NREN) as a vision of a national network to serve the educational and research communities. NREN has not been funded.

Kongres menetapkan National Research and Education Network (NREN) sebagai visi jaringan nasional untuk melayani komunitas pendidikan dan penelitian. NREN belum didanai.

1993

President Clinton becomes the first head of state to use the Internet for electronic messaging. His address is [email protected].

Presiden Clinton menjadi kepala negara pertama yang menggunakan Internet untuk pengiriman pesan elektronik. Alamatnya adalah [email protected]

1994

Digital video and audio transmit over the Internet.

Video digital dan transmisi audio melalui Internet.

1995

The DoDDS schools in Okinawa establish Internet connections.

Sekolah-sekolah DoDDS di Okinawa membangun koneksi internet.

 

Fungsi dan Manfaat Internet

Fungsi utama dari internet yaitu untuk menghubungkan suatu komputer yang satu dengan komputer lain atau berbagai perangkat jaringan, seperti; server, switch, printer, access point.

Adapun beberapa keuntungan dan manfaat dari internet dalam suatu organisasi adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Produktivitas Kerja

Dengan tersedianya internet, setiap orang bisa mendapatkan informasi untuk menunjang peran mereka dalam pekerjaannya, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

2. Efisiensi Biaya dan Waktu

Dengan produktivitas kerja yang semakin membaik tentunya pemanfaatan waktu akan semakin efektif dan bisa untuk memangkas biaya yang tidak diperlukan.

3. Kemudahan untuk Berkomunikasi

Dapat membantu suatu proses komunikasi antar divisi dalam suatu organisasi, baik secara horizontal maupun secara vertikal.

4. Operasi dan Manajemen

Dapat membantu dalam suatu proses operasional dan dapat membantu dalam mengambil suatu keputusan di dalam suatu perusahaan, baik secara internal maupun antar organisasi.

5. Kerangka perubahan dalam budaya kerja

Setiap orang yang ada dalam organisasi dapat terhubung dan bekerjasama secara online sehingga dapat memungkinkan untuk munculnya berbagai ide yang berguna sebagai penentu kemajuan suatu organisasi.

 

Dampak dari Penggunaan Internet

Berikut ini merupakan beberapa dampak (kelebihan dan kekurangan) dari pemakaian internet.

Dampak Positif / Kelebihan Internet

  1. Menciptakan banyak peluang usaha baru.
  2. Menciptakan banyak lapangan pekerjaan.
  3. Mempermudah proses pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.
  4. Membantu untuk menggerakkan roda bisnis dan juga roda perekonomian melalui e-commerce.
  5. Mengeratkan hubungan relasi dan juga pertemanan dengan melalui media social.
  6. Kemudahan memperoleh hiburan untuk pengisi waktu luang.
  7. Memudahkan untuk melakukan kegiatan kampanye atau promosi sesuatu yang positif.
  8. Dapat membangun self learning seseorang, dengan melihat dan membaca berbagai tutorial yang ada di internet.
  9. Dapat membantu pelajar dalam mengerjakan suatu tugas.
  10. Memudahkan dam mempercepat suatu arus informasi dan data.
  11. Dan lain-lain.

Dampak Negatif / Kekurangan Internet

  1. Adanya potensi kecanduan terhadap penggunaan nya.
  2. Terkikisnya budaya asli lokal karena proses globalisasi.
  3. Meningkatnya aksi cyber bullying.
  4. Maraknya isu-isu SARA yang dapat menyebabkan perpecahan pada masyarakat
  5. Maraknya provokasi antar golongan dan individu.
  6. Meningkatnya informasi dan berita hoax (bohong).
  7. Terdapat konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi tumbuh kembang anak di bawah umur.
  8. Adanya potensi kejahatan cyber crime, seperti penipuan.
  9. Penggunaan waktu yang kurang produktif.
Baca Juga: Hosting (Server)

 

Contoh Penyalahgunaan Internet

1. Perj*di*n

Dampak lainnya yang ditimbulkan internet adalah meluasnya perj*di*n.

Dengan jaringan yang sudah tersedia, para penj*di tidak perlu untuk pergi ke tempat khusus untuk dapat memenuhi keinginannya.

Anda hanya perlu menghindari situs – situs yang seperti ini, karena pada umumnya situs perj*di*n tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari para pengunjung atau user.

2. Violence & Gore

Kekejaman dan kesadisan merupakan dua hal yang banyak ditampilkan.

Karena dari segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pelaku yang mempunyai situs menggunakan segala macam cara supaya dapat menjual situs mereka.

Salah satunya adalah dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu seperti kekejaman dan kesadisan.

3. Adanya Potensi Ancaman Virus

Ancaman virus adalah jenis kejahatan komputer yang paling banyak dikenali dan dijumpai di internet.

Seiring dengan perkembangan, berbagai virus pun juga ikut berkembang.

4. Pencurian Nomor Kartu Kredit

Dapat menyediakan fasilitas teleshopping yaitu berbelanja melalui internet.

Kita bisa melakukan suatu transaksi perdagangan di dalam nya dengan pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Karena semakin banyaknya pengguna yang melakukan teleshopping berbelanja secara online, maka hal ini menggugah orang-orang yang tidak bertanggungjawab melakukan suatu penyadapan kartu kredit dan disalahgunakan untuk membobol kartu kredit yang dimiliki oleh orang lain.

5. Dapat Mengurangi Sifat Sosial

Dapat mengurangi sifat sosial yang dimiliki manusia, karena cenderung lebih menyukai berhubungan melalui internet daripada berhubungan secara langsung.

Karena banyak yang beranggapan berhubungan melalui internet dianggap lebih praktis.

6. Adanya Potensi Kecanduan

Dapat membuat seseorang menjadi kecanduan. Terutama dikalangan para pelajar, hal ini dapat menyebabkan penurunan prestasi dalam belajar.

7. P*rn*grafi

Internet sangat identik dengan p*rn*grafi. Dengan adanya kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi yang di dalam ya, p*rn*grafi pun semakin merajalela.

Hal-hal semacam ini banyak terjadi di kalangan remaja.

8. Cyber Bullying

Cyber bullying adalah pembullyan yang dilakukan di dunia maya, contohnya adalah ketika seseorang melakukan pelecehan terhadap orang lain dengan berulang – ulang melalui media sosial, bahkan pada beberapa kasus korbannya sampai melakukan bunuh diri.

9. Piracy

Piracy adalah suatu kegiatan membajak hak cipta milik orang lain.

10. Cyber Gambling

Cyber gambling adalah perj*di*n yang menggunakan media internet sebagai sarananya.

11. Fraud

Fraud adalah kegiatan memanipulasi informasi, khususnya yang berhubungan dengan keuangan yang mempunyai tujuan untuk keuntungan pribadi.

Contohnya adalah pada kasus pembobolan harta kas milik bank BRI.

12. Denial of Service Attack

Denial of service attack (DoS) adalah kejahatan mengutak atik isi suatu situs seperti menghapus data atau mengirimkan data dalam jumlah yang sangat besar dengan tujuan untuk membuat suatu situs menjadi lambat atau tidak dapat diakses.

Amazon, eBay dan Yahoo!, dapat dijadikan sebagai contoh untuk kejahatan ini, situs-situs tersebut pernah mengalami down selama beberapa hari karena diserang DoS yang sangat besar yang disebut dengan “ping flood”.

13. Cracking

Cracking adalah kejahatan yang dilakukan adalah dengan meretas keamanan korban dengan tujuan untuk keuntungan pribadi. Pelakunya biasa disebut dengan cracker.

Contohnya adalah pencurian database sebanyak 50.000 kartu kredit di Rusia yang dilakukan oleh 2 orang.

14. Hacking

Hacking adalah suatu kegiatan menjebol sistem keamanan komputer milik orang lain dengan berbagai tujuan.

Kegiatan ini bisa dilakukan apabila pelaku maupun korban berada dalam satu jaringan. Pelaku hacking disebut dengan hacker.

15. Cyber Stalking

Cyber stalking adalah kejahatan melecehkan atau mengganggu seseorang dengan memanfaatkan komputer dan internet, seperti teror.

Contohnya adalah ketika seseorang mengancam korban dengan menggunakan email secara berulang-ulang.

16. Cyber Espionage, Xtortion, and Sabotage

Cyber espionage adalah kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan suatu kegiatan mata-mata dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak sasaran.

Xtortion dan Sabotage adalah kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan, dan penghancuran pada setiap data, program atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet.

17. Data Forgery atau Phishing

Data forgery atau phishing adalah situs palsu tetapi menyerupai aslinya dan memberi nama domain mirip dengan aslinya sehingga membuat orang lain tertipu.

 

Istilah – Istilah dalam Internet

Berikut ini merupakan beberapa istilah yang ada di Internet, yang wajib kamu ketahui.

1. Electronic Mail

Electronic mail (E-Mail) merupakan salah satu kemudahan yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet.

Hal tersebut karena E-Mail adalah suatu alat komunikasi yang sangat murah dan cepat.

Dengan menggunakan E-Mail, seseorang dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung dengan internet di seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah.

Konsep dari E-Mail ini sama seperti ketika seseorang mengirim surat dengan menggunakan pos.

Yang dimana seseorang akan mengirimkan ke pos dengan beralamatkan pada alamat yang dituju.

Dari pos tersebut kemudian akan disampaikan ke pos terdekat dengan alamat yang dituju dan pada akhirnya akan sampai ke alamat yang dituju.

Penerima akan membuka kotak surat yang ada di depan rumah sedangkan penerima tidak mengetahui apakah orang yang dituju sudah menerima surat tersebut, sampai surat tersebut dibalas.

Dengan menggunakan E-Mail data atau informasi akan dikirim secara elektronik, sehingga akan sampai ke tempat tujuan dengan cepat.

Dengan menggunakan E-Mail seseorang dapat mengirimkan berbagai file, misalnya seperti program, gambar, grafik, video, suara, dan lain sebagainya, serta dapat mengirim ke lebih dari 1 orang dalam satu waktu.

2. World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) adalah suatu aplikasi yang ada di internet dan sama dengan E-Mail, aplikasi ini penting untuk digunakan.

Terkadang aplikasi ini disebut dengan The Killer Application atau The World is at Your Fingertip.

Hal tersebut dikarenakan semua orang dapat mendapatkan informasi dengan sangat mudah, dan informasi tersebut bukan hanya sekedar teks saja.

Setiap WWW memiliki alamat internet atau yang biasa disebut dengan Uniform Resource Locator (URL) yang diawali dengan https:// atau http://.

3. File Transfer Protocol

File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu aplikasi yang ada di internet yang dapat digunakan untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu data atau file di FTP server.

Dengan demikian dapat memungkinkan setiap orang untuk bertukar file dengan cepat.

Pada saat sekarang ini banyak sekali file atau informasi atau data yang bebas untuk di download dari berbagai sumber yang ada di dalamnya.

4. Ping

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yang mempunyai fungsi untuk melihat apakah terdapat hubungan antara komputer yang satu dengan yang lain.

Cara mengetahui hubungan tersebut yaitu dengan mengirimkan sejumlah packet data.

5. HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML ini fungsinya dalam sebuah dokumen web adalah untuk mengatur struktur dokumen dan menampilkan link ke lokasi internet yang lain.

Sebetulnya, sebuah dokumen HTML atau web hanya berisikan dokumen teks yang berisi pointer.

Pada umumnya sebuah dokumen HTML akan disimpan dengan menggunakan nama belakang ( .html) atau ( .htm).

Format ( .html) ini untuk sistem operasi UNIX, Macintosh, Windows 95, dan untuk format (. htm) ini untuk sistem operasi Windows 3.1.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu. Jika ada kritik, saran, atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *